PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA

HAFAZAH, NURUL (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI NURUL HAFAZAH.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis HOTS pada mata pelajaran matematika kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap proses pengembangan yakni Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas X MA Nasriyah NW Sekunyit. Produk ini berupa RPP dan LKPD pada materi trigonometri bercirikan PBL. Hasil pengembangan menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis HOTS memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kevalidan dilihat dari hasil analisis lembar validasi perangkat pembelajaran dengan skor sebesar 477 dan 281. Disamping itu, kriteria kepraktisan berdasarkan hasil analisis data angket respon guru sebesar 35 dan angker respon peserta didik mencapai 79%, kriteria keefektifan berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru mencapai 94%, serta lembar observasi aktivitas peserta didik mencapai 75%, dan tes hasil belajar mencapai 75%. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 15 Jul 2023 07:24
Last Modified: 15 Jul 2023 07:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5265

Actions (login required)

View Item View Item