Jurnal-MEMPERKUAT KEMAMPUAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS DISKUSI

Yusril Amin, Lalu and Mohzana,, Mohzana and Aminah, Aminah (2023) Jurnal-MEMPERKUAT KEMAMPUAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS DISKUSI. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7 (1). pp. 295-310. ISSN 2597-5218

[img] Text
21)SIN_1.PDF - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
Official URL: https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6873

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan guru dengan menerapkan model Problem Based Learning dalam menulis teks diskusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisi siswa kelas X.5 di SMAN 6 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan Siklus II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes, lembar penilaian, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I Siswa kelas X.5 yang sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa Indonesia ada 15 siswa dari 34 siswa, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 32 siswa yang sudah tuntas yang mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam menulis teks diskusi di kelas X.5 SMAN 6 Mataram. Kata Kunci: Berfikir Kritis, Menulis, PBL

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mohzana Drs.Mohzana
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:43
Last Modified: 27 Jun 2024 06:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5562

Actions (login required)

View Item View Item