Turnitin-PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI

Budiyanti, Fitriyani and Mohzana,, Mohzana and Aminah, Aminah (2023) Turnitin-PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7 (1). ISSN 2597-5218

[img] Text
23_Turnitin_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6875

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks diskusi pada siswa SMAN 6 Mataram dengan menggunakan media audio visual.Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini ialah Project Based Learning (PjBL). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X8 yang terdiri dari 34 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memadukan lesson study.Penelitian ini dilakuakan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Selama penelitian ditugaskan untuk menyusun teks diskusi yang terstruktur dan koheren.Hasil penelitian menunjukan peningkatan hingga 85%, yang ditunjukan dari hasil kerja siswa. Jadi, hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran PjBL dengan media audio visual lebih efektif dalam memantik ide, gagasan, atau berfikir kritis siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis dalam teks diskusi. Kata kunci: Audio Visual, Project Based Learning (PjBL), Teks Diskusi

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mohzana Drs.Mohzana
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:39
Last Modified: 27 Jun 2024 06:39
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5608

Actions (login required)

View Item View Item