PENERAPAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PERKULIHAN SOSIOLOGI INDUSTRI

ABDULLAH MUZAKAR, M.Si., MUZAKAR and Muhammad Zamroni Uska, Zamroni (2021) PENERAPAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PERKULIHAN SOSIOLOGI INDUSTRI. Jurnal, 9 (3). ISSN 2614-6061

[img] Text (Hasil Similarity)
5. Cek Plagiasi Artikel_PENERAPAN_STRATEGI_GROUP_INVESTIGATION_Sinta 4.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap manusia yang bertujuan untuk menghadapi tantangan dan perubahan kedepan. Dalam pendidikan agar terlaksanakan dengan perlu adanya peroses belajar yang didampingin dengan strategi pembelajaran. Namun kurang tepatnya dalam menerapkan strategi pembelajaran dapat berdampak hasil kemampuan berpikir kristis seseorang. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan strategi yang dapat menumbuhkan motivasi dan minat belajar siswa adalah group investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah menerapkan strategi pembelajaran GI terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada perkuliahan sosiologi industry. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain posttest only control group design. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 47 orang yang terdiri dari 23 orang sebagai kelompok eskperimen dan 24 orang sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay, sementara itu teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan independent sample t test dengan bantuan software SPSS. Hasil temuan kami menunjukkan bahwa strategi GI dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada perkulihan sosiologi industi dengan prolehan nilai sig.2 tailed (0.00) < 5% (0.05). dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkan strategi GI dapat membuat mahasiswa lebih berfokus pada perolehan dan pengembangan keterampilan pada tingkatan yang lebih tinggi (higher-level skills). Kata Kunci: Strategi Group Investigation (GI), Berpikir Kritis, Sosiologi Industri

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi >
Depositing User: Mr Muzakar Abdullah
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:53
Last Modified: 27 Jun 2024 05:53
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5644

Actions (login required)

View Item View Item