Pengukuran Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Tes Model Testlet ditinjau dari Status Sekolah dan Gender

Nila Hayati, Hayati and Rasyid Hardi Wirasasmita, Wirasasmita and Mimi Alpian, Alpian and Sri Supiyati, Supiyati (2021) Pengukuran Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Tes Model Testlet ditinjau dari Status Sekolah dan Gender. Jurnal Elemen, 7 (2). pp. 366-380. ISSN 2442-4226

[img] Text (HASIL SIMILARITY)
9. Pengukuran Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Tes.pdf - Supplemental Material

Download (357kB)
Official URL: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diukur dengan menggunakan tes model testlet jika ditinjau dari status sekolah dan jenis kelamin (gender) pada siswa SMP/MTs kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian ex post facto. Penelitian ini mengambil sampel dari 2 sekolah negeri dan 2 sekolah swasta dengan jumlah keseluruhan sampel berjumlah 109 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan instrument menggunakan tes model testlet berbasis kearifan lokal. Validitas dari instrument menggunakan validitas isi dengan rumus Aiken sedangkan reliabilitas, tingkat kesukaran daya beda, dan efektifitas distraktor dianalisis dengan aplikasi ITEMAN 3.0. Teknik analisis data yang digunakan Analysis of Varian (ANOVA) dua arah. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diukur dengan menggunakan tes model testlet jika ditinjau dari status sekolah maupun ditinjau dari jenis kelamin (gender). Hasil analisis juga menunjukkkan status sekolah dan jenis kelamin tidak berkaitan dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa jika diukur dengan menggunakan tes model testlet. Kata Kunci: gender, status sekolah, testlet

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sri Supiyati
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:58
Last Modified: 27 Jun 2024 02:58
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item