Intervensi Dini Kesulitan Belajar (Diskalkulia) Siswa Sekolah Dasar

Doni Septu Marsa Ibrahim, Doni and Aan Budi Santoso, Santoso and Aswasulasikin, Aswasulasikin and Yul Alfian Hadi, Hadi and Ahmad Zahidin Akbar, kbar Intervensi Dini Kesulitan Belajar (Diskalkulia) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. ISSN 2549-9149

[img] Text (Jurnal)
12. Intervensi Dini Kesulitan Belajar (Diskalkulia) Siswa Sekolah Dasa.pdf - Supplemental Material

Download (340kB)

Abstract

Siswa sekolah dasar secara umum memiliki tingkat usia yang sama namun sekolah belum memiliki pemetaan yang menyeluruh dalam hal tingkat kemampuan kognitif. Keberagaman level kognitif ini menyebabkan timbulnya permasalahan dalam pembelajaran salah satunya kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar dan merancang tindakan untuk mengintervensi dini kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber penelitian berjumlah 2 grup responden, yaitu: grup pertama terdiri dari dua siswa dan grup kedua terdiri dari wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan masalah kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal berupa lemahnya kemampuan motorik, kurangnya minat dan motivasi belajar. Sedangkan faktor eksternal ialah cenderung dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan kelompok pertemanan. Salah satu program perbaikan yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan memberikan bimbingan belajar individual. Kata Kunci: Intervensi dini, kesulitan belajar

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dr Aswasulasikin, M.Pd
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:18
Last Modified: 02 Jul 2024 02:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5752

Actions (login required)

View Item View Item