PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS CPS TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Edy Waluyo, Waluyo (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS CPS TERINTEGRASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1). pp. 39-50. ISSN 2597-9051

[img] Text (JURNAL)
7. Artikel EDU-MAT Edy 2023.pdf - Supplemental Material

Download (325kB)
Official URL: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar matematika berbasis CPS terintegrasi TPACK untuk meningkatkan keterampilan berpikr tingkat tinggi siswa pada materi integral. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall meliputi analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi dan evaluasi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII A dan XI D SMAN 2 selong yang berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pedoman validasi dan kepraktisan produk, serta tes tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi. Analisis data digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif untuk data kevalidan dan kepraktisan serta uji t untuk data keefektifan produk. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, modul ajar yang dikembangkan termasuk kategori valid menurut ahli materi dan ahli bahasa. Begitu juga, modul ajar yang dikembangkan tergolong praktis berdasarkan respon siswa setelah menggunakan modul ajar selama pembelajaran. Modul ajar juga efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikit tingkat tinggi yang ditunjukkan oleh t hitung = 23, 71 > t tabel =1,66. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan modul ajar matematika berbasis creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA. Kata kunci: CPS, TPACK, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Depositing User: Dr Edy Waluyo, M.Pd
Date Deposited: 29 Jun 2024 03:16
Last Modified: 29 Jun 2024 03:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item