PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMA DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK

Edy Waluyo, Waluyo (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMA DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI TPACK. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 6 (1). pp. 11-20. ISSN 2620-732X

[img] Text (HASIL SIMILARITY)
8. Cek Plagiasi Artikel_Development_of_Project_Based_Learning_With_STEAM_A.pdf - Supplemental Material

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar matematika berbasis dengan model Creative Problem Solving terintegrasi TPACK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall meliputi analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi dan evaluasi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII B dan XI C SMAN 2 Selong yang berjumlah 70 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk kategori valid menurut ahli materi dan ahli bahasa. Bahan ajar juga tergolong praktis berdasarkan respon siswa setelah menggunakan bahan ajar selama pembelajaran. Bahan ajar tergolong efektif yang ditunjukkan oleh t hitung = 23, 71 > t tabel =1,66. Simpulan, pengembangan bahan ajar matematika SMA dengan model creative problem solving terintegrasi TPACK dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi integral. Kata Kunci: Creative Problem Solving, TPACK

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Depositing User: Dr Edy Waluyo, M.Pd
Date Deposited: 29 Jun 2024 03:13
Last Modified: 29 Jun 2024 03:13
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5761

Actions (login required)

View Item View Item