Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Sandi Kotak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Murad, Murad and Edy Waluyo, Waluyo and Muhammad Halqi, Halqi (2023) Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Sandi Kotak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (2). pp. 339-351. ISSN 2714-7711

[img] Text (HASIL SIMILARITY)
9. Cek Plagiasi Artilkel_Pengembangan_Bahan_Ajar_IPA_Berbasis_Model_Inkuiri.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan permasalahan pembelajran IPA berbasis model inkuiri terbimbing berbantuan media Sandi kotak dapat meningkatkan hasil belajar di MI; 2) Mengetahui proses pengembangan bahan ajar IPA berbasis model inkuiri berbantuan media sandi kotak di MI; 3) Mengetahui keefektifan bahan ajar IPA berbasis model inkuiri terbimbing berbantuan sandi kotak di MI dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian yang dilakukan peneliti merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, kemudian dilakukan revisi tahap I. Selanjutnya produk kembali dinilai oleh guru IPA MI, kemudian dilakukan revisi tahap II. Setelah itu, produk diujicobakan kepada siswa MI kelas VI sebelum produk akan menjadi produk akhir yang layak dan berkualitas sebagai sumber belajar IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Angket. Teknik Analisis Data yang digunakan untuk menganalisis data uji coba sebagai berikut: wawancara, observasi, studi Pustaka, angket dan quisioner, judgement eksped, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) Hasil uji coba pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing memiliki tingkat kevalidan yang tinggi. Tanggapan penilaian dari ahli materi memperoleh persentase kevalidan mencapai 84,61%; b) Tanggapan penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh persentase kevalidan mencapai 80%; c) Tanggapan penilaian dari ahli bahasa memperoleh persentase kevalidan mencapai 70,76%; d) Tanggapan penilaian dari uji lapangan memperoleh persentase kevalidan mencapai 97,2%; e) Bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing, berpengaruh terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA materi magnet dan sandi kotak di MI Mi’rojul Ishlah. Kata Kunci: Bahan Ajar Ipa, Model Inkuiri Terbimbing, Media Sandi Kotak

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Depositing User: Dr Edy Waluyo, M.Pd
Date Deposited: 29 Jun 2024 03:12
Last Modified: 29 Jun 2024 03:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5762

Actions (login required)

View Item View Item