JUMAK YAH, JUMAK YAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MASALAH EKONOMI KELAS X DI MA NW SENYIUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Jumak Yah, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Masalah Ekonomi Kelas X MA NW Senyiur Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA NW Senyiur tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas X IPA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test and post-test group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan polled varians. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,46 > 2,03) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperativa tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan masalah ekonomi kelas X di MA NW Senyiur tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Jaelani Ahmad |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 02:00 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 02:00 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3678 |
Actions (login required)
View Item |