HARIRI, MUH SOFIAN (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) TERHADAP NILAI KARAKTER CINTA LINGKUNGAN DI DAERAH PESISIR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PAREMAS. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
Abstrak Skripsi Sopian...pdf - Submitted Version Download (246kB) |
|
Text
Proposal sofian.pdf - Submitted Version Download (530kB) |
|
Text
Skripsi _Fixs Sopian.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak dari penerapan pendekatan culturally responsive teaching terhadap nilai karakter cinta lingkungan di daerah pesisir pada siswa kelas III SD Negeri 2 Paremas Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen dan desain Pre Exprimental Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket respons siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terkait dengan nilai karakter cinta lingkungan di daerah pesisir pada siswa, setelah di berikan perlakuan pendekatan culturally responsive teaching. Hal ini didukung oleh data pada tahapan pretest sebesar 80 meningkat pada tahapan postest menjadi 96. Uji hipotesis menghasilkan thitung > ttabel (3,912 > 1,725) maka, dikategorikan dengan “Ho ditolak dan Ha diterima”. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa, adanya dampak dari penerapan pendekatan culturally responsive teaching terhadap nilai karakter cinta lingkungan di daerah pesisir ini pada kelas III SD Negeri 2 Paremas. Kata kunci: Pendekatan Culturally Resopnsive Teaching, Nilai Karakter Cinta Lingkungan di Daerah Pesisir
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:07 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:07 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5456 |
Actions (login required)
View Item |