KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD ISLAM NW LENDANG BUNGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Aswasulasikin, Aswasulasikin and Dina Fadilah, Fadilah and Nurdiati, Nurdiati KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD ISLAM NW LENDANG BUNGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Didika (Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar). ISSN 2549-9149

[img] Text (Similsrity)
4. Cek Plagiasi Artikel_KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran tebak kata dengan make a match pada siswa kelas IV SD Islam NW Lendang Bunga Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian eksprimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah randomized pretest-posttest comparison group design. Pada desain ini terdapat dua kelompok yang diberikan perlakuan yang berbeda, dimana masing-masing kelas diberikan pre test untuk mengetahui keadaan awal, kemudian masing-masing kelas diberikan pos test yaitu angket untuk mengetahui motivasi belajar setelah penerapan kedua pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertempat di SD Islam NW Lendang Bunga di kelas IV. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester satu (ganjil) pada bulan agustus. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Islam NW Lendang Bunga Tahun Pelajaran 2016/2017. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran tebak kata dan make a match, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dengan cara memberikan cek list, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas menggunakan rumus ChiKuadrat, uji homognitas dengan menggunakan rumus F, dan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan rumus polled varian. Berdasarkan data yang didapat pada sebaran angket motivasi pada kondisi awal di kelas tebak kata dan make a match tergolong sedang yaitu nilai rata-rata kelas tebak kata (60,3) dan nilai rata-rata make a match (60,4). Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran tebak kata dan make a match hasil nilai rata-rata angket motivasi belajar siswa meningkat yaitu kelas tebak kata (67,5) sedangkan make a match (65,3) ini tergolong tinggi. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung < ttabel yaitu 1,053 < 2,021 yang berarti Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara motivasi belajar IPA yang menggunakan model pembelajaran tebak kata dengan make a match di kelas IV SD Islam NW Lendang Bunga Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Model pembelajaran tebak kata, make a match dan motivasi belajar.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dr Aswasulasikin, M.Pd
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:17
Last Modified: 02 Jul 2024 02:17
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5799

Actions (login required)

View Item View Item